Hubungi Kami

 

Berita

2020-02-11
Workshop Pencegahan dan Pengendalian Infeksi di Fasyankes
 

Pencegahan dan Pengendalian Infeksi yang selanjutnya disingkat PPI adalah upaya mencegah dan meminimalkan terjadinya infeksi pada pasien, petugas dan pengunjung dan masyarakat sekitar fasilitas pelayanan kesehatan. Infeksi Terkait Pelayanan Kesehatan (Health Care Associated Infections) yang selanjutnya disingkat HAIs adalah infeksi yang terjadi pada pasien selama perawatan di  fasilitas pelayanan kesehatan dimana ketika masuk tidak ada infeksi dan tidak dalam masa inkubasi, tapi muncul setelah pasien pulang, juga infeksi karena pekerjaan pada petugas/tenaga kesehatan terkait proses pelayanan kesehatan di fasilitas pelayanan kesehatan. Kejadian infeksi ini dapat menghambat proses penyembuhan dan pemulihan pasien, bahkan dapat menimbulkan peningkatan morbiditas, mortalitas dan memperpanjang lama hari rawat, sehingga biaya meningkat dan akhirnya mutu pelayanan di sarana kesehatan akan menurun. Tak dipungkiri lagi untuk masa yang akan datang dapat timbul tuntutan hukum bagi sarana pelayanan kesehatan.

Menurut PMK No. 27 tahun 2017 tentang pedoman dan pengendalian infeksi di fasilitas pelayanan kesehatan pada pasal 3 disebutkan bahwa setiap fasilitas pelayanan kesehatan harus melaksanakan PPI. Dalam pelaksanaan program PPI salah satunya adalah melalui pendidikan dan pelatihan (diklat) PPI  bagi tenaga kesehatan diseluruh fasilitas pelayanan kesehatan, sehingga diharapkan tenaga kesehatan tersebut mampu melaksanakan dan kompeten terhadap upaya pencegahan dan pengendalian infeksi.

Paramavisi telah beberapak kali menyelenggarakan workshop ini dengan tujuan agar para peserta pelatihan setelah mengikuti pelatihan, peserta mampu melakukan pencegahan dan pengendalian infeksi di fasilitas pelayanan kesehatan sesuai kewenangannya. Lebih khusus melalui pelatihan ini maka peserta akan mampu :  melakukan kewaspadaan isolasi, melakukan kewaspadaan Kejadian Luar Biasa, melakukan pengendalian resistensi antimikroba, melakukan penatalaksanaan paska pajanan dan mampu melakukan pencegahan dan pengendalian infeksi di area pasien dan area penunjang.

Tim yang mengampu dalam workhop  ini adalah:

  1. Dr. dr Andaru Dahesihdewi, M.Kes., SpPK (K)
  2. Tri Hartati, APP, M.Kes.
  3. Sri Purwaningsih, S.Kep., Ns, M.Sc.
  4. Raeni Nursanti, S.Kep., Ns
  5. Riyantinah, S.Kep., Ns
  6. Budi Riyatun, S.Kep., Ns, M.Sc.
  7. Susi Wijayanti, S.Kep., Ns

 






Copyright © 2022