Hubungi Kami

 

Berita

2018-03-01
PELATIHAN PENINGKATAN PETUGAS LABORATORIUM DALAM PEMERIKSAAN DAN PENEMUAN HIV
 

Pembangunan kesehatan merupakan investasi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Dalam pengukuran Indeks Pembangunan Manusia (IPM),Kesehatan adalah salah satu komponen utama selain pendididkan dan ekonomi. Dalam Undang – undang Nomor 23 tahun 1992 tentang kesehatan ditetapkan bahwa kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan ,jiwa dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara social dan ekonaomi. Undang – undang Nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintah daerah merupakan suatu peluang dan tantangan dalam proses manajeman Pembangunan Kesehatan di daerah ,mulai dari perencanaan pelaksanaan sampai dengan evaluasi. Undang – undang 33 tahun 2004 tentang perimbangan keuangan antara pemerintah pusat dan pemerintahan daerah juga sebagai dasar dalam perencanaan penganggran keuangan di daerah . Pembangunan Kesehatan adalah bagian dari pembangunan nasional dan merupakan salah satu upaya utama untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Peran Dinas Kesehatan Kabupaten sebagai pelaksana program –program pembangunan kesehatan disadari masih terbatas, sehingga keterlibatan seluruh sektor terkait termasuk swasta dan masyarakat sangat diperlukan. Selain itu diperlukan juga komitmen dari semua sector terkait . Sehubungan dengan Puskesmas yang belum semuanya dapat memeriksa kasus HIV ,maka untuk mengatasi permasalahan tersebut dilaksankannya pelatihan tenaga lanboratorium bagi petugas laboratorium di Puskesmas..

Secara umum tujuan dari kegiatan ini adalah agar Petugas laboratorium layanan Puskesmas & Rumah sakit mampu memeriksa dan menemukan HIV –AIDS. Adapun tujuan secara khusus adalah:

  1. Petugas Laboratorium Puskesmas dan Rumah sakit mengetahui tahap – tahap pemeriksaan HIV-AIDS dengan menggunakan rapid.
  2. Meningkatkan ketrampilan pemeriksaan dan penemuan HIVdi Puskesmas dan Rumah sakit.
  3. Melakukan pencatatan dan pelaporan laboratorium

Pengampu dalam kegiatan ini adalah dr. Woro Umi Ratih, M.Kes, Sp.PK beserta tim






Copyright © 2022